Mitsubishi Batal Men-CBU-kan Pajero Sport!


Desember lalu, sempat santer terdengar SUV andalan Mitsubishi yakni Pajero Sport akan kembali berstatus CBU seperti sedia kala, meskipun sampai saat ini belum terlaksana juga. Hal ini dikarenakan pabrik Mitsubishi di Indonesia hanya difokuskan untuk memproduksi Mitsubishi Xpander yang permintaannya cukup banyak, baik pada kebutuhan domestik maupun kebutuhan impor.

Tapi ternyata, Pajero Sport batal untuk dijadikan CBU. Hal ini dikarenakan Pemerintah tidak mengizinkan Mitsubishi untuk mengatur skema impor Pajero Sport. Dikutip dari laman berita Viva News, Wakil Ketua Grup Perencanaan dan Komunikasi Krama Yudha PT Mitsubishi Motors Intan Vidiasari sudah pernah mengajukan ke pemerintah perihal impor Pajero Sport.


"Kami berkonsultasi dengan pemerintah, untuk sementara mengimpor Pajero Sport dan menggunakan jalur produksinya untuk membuat Xpander," Ujarnya. Tapi sampai saat ini, permintaan tersebut belum dipenuhi oleh pemerintah. Pemerintah malah menyarankan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada secara maksimal.

Oleh karena itu, Mitsubishi memutar otak untuk memanfaatkan aliansi mereka bersama Nissan Motor. Ya, akhirnya Mitsubishi memilih Xpander untuk dirakit di pabrik Nissan. Hal tersebut sebenarnya sudah dilakukan beberapa bulan lalu, saat Mitsubishi menggunakan fasilitas perakitan Nissan untuk merakit mesin berkode 4A91 alias mesin dari Xpander.


Pada akhirnya, Mitsubishi akan tetap merakit Pajero Sport di dalam negeri, dan tidak ada lagi kekhawatiran konsumen akan pemangkasan fitur saat berubah menjadi CBU. Oh ya, penggunaan fasilitas perakitan Nissan ini kemungkinan besar juga akan membantu terciptanya Nissan Grand Livina terbaru yang kabarnya meluncur pada bulan Maret nanti. (TCI)

Comments

Post a Comment

Popular News