Dongfeng Fengguang S560, Calon DFSK Glory 560 Di Indonesia


Saat ini, DFSK Motors Indonesia diketahui masih mengandalkan 1 model untuk bermain di pasar passenger car, yakni DFSK Glory 580. Sayangnya, Glory 580 masih cukup sulit dalam merebut hati konsumen tanah air sehingga kehadiran DFSK di Indonesia masih dipandang sebelah mata. Artinya, butuh tambahan beberapa model lagi agar DFSK lebih dikenal masyarakat Indonesia.

Rupanya hal tersebut telah diketahui oleh DFSK Indonesia, sehingga mereka memberikan respon yang cepat untuk mengatasi hal tersebut. Ya, DFSK Indonesia dikabarkan akan memasukkan SUV yang kelasnya berada di bawah Glory 580. Produk tersebut nantinya akan dinamakan DFSK Glory 560, yang mana basisnya diambil dari Dongfeng Fengguang S560. Seperti apakah wujudnya?




Karena masih dirahasiakan oleh pihak DFSK Indonesia, maka kami akan mengulas versi Tiongkoknya yakni Fengguang S560. Karena kelasnya dibawah Glory 580, tentu dimensinya dibuat lebih kompak. Ia memiliki dimensi (PxLxT) sebesar 4.515 x 1.815 x 1.735 mm dengan wheelbase 2.690 mm. Bandingkan dengan Glory 580 yang dimensinya sebesar 4.680 x 1.845 x 1.715 mm.

Desainnya memang cukup menarik, meski ada bagian-bagian yang mirip seperti desain mobil lain. Sebut saja bagian sampingnya yang nampak seperti Ford Explorer dan bagian belakangnya yang terlihat seperti Land Rover Discovery. Namun secara keseluruhan, bentuknya terlihat proporsional dan cukup enak dipandang.



Masuk ke bagian dalamnya, kita langsung disuguhkan suatu pemandangan yang unik. Menurut warganet, bentuk dashboard Fengguang S560 seakan-akan meniru big SUV lansiran mazda yakni CX-9. Ia memiliki kapasitas bangku sebanyak 7 penumpang, dimana hal tersebut menjadi poin lebih dibanding calon kompetitornya nanti.

Kemungkinan ia akan memiliki fitur yang serupa dengan Glory 580 dengan beberapa pengurangan, mengingat para rivalnya yang fiturnya tergolong komplit. Beberapa diantaranya adalah ESP, rem parkir elektrik, TPMS, 4 airbags, DVR, cruise control, sunroof, dan beberapa fitur lainnya. Yang pasti, fiturnya akan lebih sedikit daripada Glory 580.



Dan urusan performanya, dikabarkan ia hanya akan tersedia pilihan mesin 1.8L yang kemungkinan unitnya akan sama seperti milik Glory 580 varian terendah, yakni SFG18 naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dan torsi sebesar 187 Nm. Disalurkan ke 2 roda depannya, transmisi yang akan diusung sepertinya unit manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Sepertinya Fengguang S560 atau Glory 560 ini akan turun di kelas SUV niche atau sempit, yang sudah diisi oleh Mitsubishi Outlander Sport, Mazda CX-3, dan Toyota C-HR. By the way, di Tiongkok sana Fengguang S560 dijual mulai 69.900 Yuan (150 juta Rupiah) sampai 96.900 Yuan (208 juta Rupiah). Apakah nantinya ia mampu bersaing di tanah air dan mampu mengangkat nama DFSK? (TCI)


Comments

Popular News