Mesin Honda L15B7 Kembali Bermasalah


Sayang beribu sayang, mesin fenomenal Honda L15B7 Turbo yang digunakan oleh Honda Civic Turbo dan Honda CR-V Turbo kembali bermasalah. Sebelumnya, beberapa lineup Honda dengan mesin tersebut telah dihentikan penjualannya di Tiongkok terkait masalah sistem bahan bakar, kemudian isu borosnya mesin dalam penggunaan pelumas (oli) dan bocornya selang turbo di Indonesia. Lalu masalah apa lagi yang sedang terjadi?

Kali ini, masalah tersebut datang dari negeri Paman Sam. Mesin L15B7 yang digunakan pada Honda CR-V mengalami masalah pada sistem pembakaran dan pelumasan, dimana bensin dapat dengan mudah masuk ke bagian pelumas (oli). Memang relatif sama seperti yang terjadi di Tiongkok, namun masalah ini dapat membuat mesin kehilangan tenaga bahkan mengakibatkan mogok.

Mesin Honda L15B7 Turbo

Hal ini telah diungkap oleh Customer Reports dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dimana setidaknya terdapat 6 laporan pada Customer Reports dan lebih dari 10 laporan pada NHTSA mengenai masalah ini. Tak hanya itu, owning experience pada laman Customer Reports menjelaskan bahwa ada salah satu pengguna CR-V Turbo yang mengalami kejadian rembesnya bensin ke bagian oli, sehingga mobilnya tidak dapat berjalan lebih dari 20 mph.

Menanggapi laporan tersebut, dikabarkan Honda Amerika Serikat telah menyatakan untuk melakukan recall untuk pemilik Honda CR-V Turbo pada November mendatang. "Honda telah menyelidiki situasi ini dan mengembangkan solusi, yang kami harap dapat tersedia melalui dealer resmi Honda pada pertengahan November 2018," ujar Chris Martin, juru bicara Honda Amerika Serikat. (TCI)

Comments

Popular News