Suzuki Angkat Kaki Dari Pasar Tiongkok



Setelah 20 tahun bermain dan bertarung hebat di pasar Tiongkok, Suzuki Motor Corporation akhirnya memutuskan untuk hengkang dari pasar otomotif terbesar di dunia tersebut. Dilansir dari chinadaily.com.cn, ada 2 alasan Suzuki hengkang dari pasar tiongkok.

Pertama, adalah selesainya kerjasama antara Suzuki Motor Corporation dengan Changan Suzuki Automobile Corporation. Akibat selesainya kerjasama yang dimulai tahun 1993 ini, kini Changan Automobile tak lagi menyuplai dan memproduksi lagi lineup Suzuki untuk pasar Tiongkok.

Kemudian yang kedua adalah turunnya penjualan lineup Suzuki disana. Sebenarnya kerjasama Suzuki Motor Corporation dan Changan Suzuki Automobile Co sempat menorehkan penjualan yang fantastis, yakni di tahun 2011 dengan jumlah penjualan mencapai 220.000 unit. Namun di tahun 2017 kemarin, penjualan Suzuki hanya mencapai 21.000 unit saja.

Dan dijelaskan juga semenjak tahun 2011 penjualan Suzuki menurun sebanyak 47% tiap tahunnya. Sekretaris jendral Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok, Cui Dongshu menjelaskan Suzuki hengkang karena penjualannya yang terus lesu.

“Suzuki terlalu sibuk dengan strategi mobinya yang lebih kecil. Selain itu, karena semakin banyaknya mobil ekonomi yang beralih ke listrik, Suzuki mungkin harus keluar dari China,” ujarnya. Artinya, kemungkinan besar Suzuki akan sulit kembali bermain di pasar Tiongkok. (iia)

Comments

Popular News